INSPIRASI

Seperti tubuh, pebisnis juga harus punya daya tahan

Untuk membangun bisnis yang berkelanjutan, diperlukan beberapa syarat yang harus dimiliki pelaku bisnis. Salah satu syaratnya adalah pelaku bisnisnya memiliki ketahanan (endurace) yang baik.

Tentu memang tidak mudah, tantangan selalu ada. Bisnispun juga dinamis, selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman. Disitulah daya tahan pebisnis diuji.

Setiap doa pasti akan dikabulkan. Jika belum dikabulkan, Tuhan sedang menguji keyakinan kita kepada Nya. Jika sudah dikabulkan, Tuhan juga menguji bagaimana rasa syukur kita kepadaNya. Siapa yang berTuhan, pasti akan berTAHAN. Salam Pengusaha, Semangat AMANAHkan Indonesia

"Kata Konsultan"

Semua hanya tentang Cara Pandang

Ada yang jatuh dan memilih untuk tidak bangkit lagi, ada yang jatuh dan memilih bangkit sembari menyembuhkan luka. Itulah bisnis, tidak pernah lepas dari ujian, tantangan, hambatan dan lainnya. Semua kembali ke cara pandang kita. Tebarkan semangat dan sikap positif kepada semuanya.

Ada yang mengeluh karena dibalik keindahan dan keharuman bunga mawar terdapat banyak duri-duri yang tajam, tapi di belahan bumi lain ada yang sangat bersyukur bahwa diujung duri-duri yang tajam justru terdapat bunga mawar yang indah dan harum.

"Allah SWT tergantung prasangka hamba-Nya"

Semangat Pengusaha, Semangat AMANAHkan Indonesia

Bisnis berkembang, SDM juga harus berkembang

Pernah saya jumpai distributor semangat dan bertanya "Bagaimana cara menggunakan alat tes air?" Dan dengan senang hati saya mengedukasi cara penggunaannya. Bahkan ada juga yang menjual produk dengan bekal pengetahuan di bisnisnya yang terdahulu. Ada juga yang bertanya bagaimana cara closing yang efektif dan ada juga yang merasa sangat handal dalam berbisnis.

Perlu diketahui, sebagai pelaku bisnis kita tidak boleh berhenti belajar. Usia bukan batasan, karena hal baru bisa ditemukan dari siapapun dan dimanapun. Jangan pernah berhenti berkarya saat berhasil, dan jangan berhenti mencoba saat menemui kegagalan.

Mengutip perkataan salah seorang motivator terkenal, "Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu, dan orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan". Tetaplah rendah hati dan jadilah pembelajar sejati. SEMANGAT 💪🏻

Orientasikan bisnis untuk jangka panjang

Salah satu syarat bisnis adalah berkelanjutan (sustainable). Waktu tidak pernah berdusta, ada masanya dimana fisik, pikiran, fokus tidak seperti dulu lagi yang nanti berdampak pada penghasilan yang didapat. Maka dari itu, perlu adanya pendelegasian terhadap bisnis dan pelayanan terhadap pelanggan.

Momentum DASAWARSA AMANAH adalah ruang yang diberikan perusahaan kepada Distributor hari ini untuk melakukan orientasi bisnis yang jangka panjang (Long Term Orientation). "Mendistrokan" agen-agen ataupun pelanggan bisa dijadikan sarana untuk membangun jalan kesuksesan di bisnis ini. Kita tidak pernah tau jalan rezeki setiap orang, tidak ada yang tahu kemana roda 4 yang disiapkan akan dikirimkan kemana. Salam hangat penuh semangat kami sampaikan kepada semua yang membaca pesan ini. SUKSES BERSAMA 

Discount bukan satu-satunya solusi

Pepatah lama mengatakan "Banyak jalan menuju Roma". Itulah ungkapan yang juga memiliki makna selling di dalamnya. Bagi seorang pebisnis, memang salah satu teknik promosi yaitu memberikan potongan harga (discount). Hanya saja , discount bukan cara paling awal dan akhir supaya terciptanya penjualan.

Potongan harga justru akan berpotensi menimbulkan kesan kepada orang bahwa produk kita berkualitas RENDAH, sehingga akhirnya dijual murah. Daripada memberikan potongan harga, lebih baik kita bisa mengedukasi kelebihan produk kita yang menjadi poin pembeda produk kita dengan produk lainnya.

Harga yang di berikan bukan karena alasan main-main, tetapi karena VALUE produk kitalah yang pantas diberikan harga sejumlah itu.

"Harga yang Salah = Persepsi yang Salah"

Sudahkah kita menjual produk SESUAI dengan (Value) produknya? Atau jangan-jangan justru kita sendiri yang menjatuhkan (Value) produk kita dengan cara memberi Potongan Harga?

LAKUKAN YANG BENAR DAN ORANG AKAN MENYUKAI, BUKAN MELAKUKAN YANG DISUKAI ORANG AGAR TERLIHAT BENAR!

Kalimat yang tertulis itu berbeda makna. Anda punya tujuan baik yang jelas, sehingga perlu melakukan hal-hal yang selaras untuk mencapai tujuan tersebut. Visi Besarlah yang harus dituju bersama. Pegang itu, aktivasikan itu, dan wariskan itu. BERHENTI menjadi seorang People Pleaser!.

Menjadi benar mungkin tidak akan membuatmu mendapatkan banyak teman, tetapi akan selalu membuatmu mendapatkan teman yang sebenarnya (John Lennon)

TUGAS KITA BUKAN UNTUK MENYENANGKAN SEMUA ORANG

Ya, sebagai seorang pebisnis kita memang berperan menjadi problem solver. Namun ada kalanya, kehadiran kita justru tidak menjadi jalan keluar bagi customer. Sampai ada masa dimana hujatan, cacian, makian akan kita dapatkan. Bukan kita yang salah, tetapi cara pandang & solusi yang kita berikan terasa kurang tepat.

Hal yang penting adalah

  1. Niat yang baik

  2. Punya tujuan & rencana yang jelas

  3. Fokus eksekusi

  4. Bila hasil belum memuaskan, review dan evaluasi

  5. Selalu beradaptasi terhadap perubahan

  6. Senantiasa berdoa (bertawakal) kepada Allah SWT

Nikmati setiap proses yang terjadi. Ambil segala pelajaran dan gunakan untuk perubahan baik kedepan. Salam Sehat Sukses Bersama

TAKUT KOMPETITOR, TIDAK USAH BISNIS

Kompetisi menjadi hal yang lumrah dalam bisnis. Semua bersaing merebut porsi tertentu di hati konsumennya. Cuma terkadang banyak yang tidak siap akan kompetisi. Kita sering dengar istilah SWOT, sudah sampai mana implementasinya?

Itu jika masih dalam bisnis yang satu kategori dan beda merk, bagaimana dengan bisnis yang satu kategori dan satu merk. Disinilah kita membuat cara pandang yang lain yaitu dengan melihat Opportunity (Peluang). Buat kerjasama atau menjalin kemitraan sesama pelaku bisnis boleh saja. Menjaga komunikasi juga hal yang sangat penting. Jangan sampai bisnis yang ber value tinggi ini tercederai oleh sikap/perilaku kita sendiri.

Eksekusikan bisnis untuk menuju VISI besar, bukan NAFSU yang besar. Kita semua adalah mitra dan jalan sukses orang tidak mesti sama, tapi dengan saling support dan menjaga semangat kita bisa SUKSES BERSAMA.

Keyakinan adalah kunci

Faktanya setiap manusia cenderung melakukan suatu hal sesuai dengan keyakinannya. Ketika dia yakin kesuksesannya adalah hal yang mustahil, tindakannya pasti loyo. Dan bila hasilnya tidak memuaskan, dia akan semakin yakin bahwa tujuannya itu mustahil. Atau lebih ekstrimnya, justru tidak akan melakukan apa-apa

Tetapi ketika kita yakin akan tujuan kita, kita pasti akan bertindak secara maksimal. Segala tindakan yang berhubungan dengan tujuan kesuksesan yang akan dicapai, pasti akan dilakukan.

Keyakinan akan memengaruhi cara pandang, cara pandang akan memengaruhi perilaku, dan perilaku akan membentuk cara kerja. SALAM SEHAT SUKSES BERSAMA

Bisnis itu Dinamis

Zaman terus bergerak, itulah sebabnya kita harus senantiasa bergerak pula. Sama halnya dalam bisnis, sering para pelaku bisnis merasa kecewa, sakit hati, turun semangat, merasa lelah akan perjuangan, dan lain sebagainya. Namun komitmen untuk terus bergerak harus dimiliki dan dilakukanKompetisi akan semakin sulit. Jangan menaruh kesuksesan anda ditangan orang lain. Terus belajar, cari mentor, buat master plan dan EKSEKUSI. Berhenti bersikap BEJ (Blame, Excuse, dan Justify)Sebesar apapun masalah, jalan keluarnya ada di anda sendiri. Jangan selalu berkutat pada masalah, fokus untuk menghadapi segala tantangan. Damaikan diri dari hal yang sudah terjadi, Ikhlaskan hati dari hal yang tidak bisa diubah & Mari lanjutkan bisnis dalam versi yang Terbaik.

Kesan pertama yang positif

Sering kali banyak yang mengabaikan hal ini. Ketika anda bertemu calon customer baru, fokusnya hanya menjual, menjual dan menjual. Dalam berbisnis, jadilah seorang Problem Solver. Anda bertemu orang untuk Menyelesaikan Masalahnya. Bangun rasa percaya Anda dengan memberikan kesan pertama yang positif. Berikan senyuman, perhatikan cara anda berjabat tangan dengan orang itu, tunjukkan antusias anda ke orang itu, baru gali problemnya dan tanyakan goalsnya. Dengan begitu, rasa nyaman akan terbentuk dan rasa percaya itu muncul karena anda memang datang untuk membangun niat yang baik kepada calon customer. Kesan Pertama begitu Berharga. Salam Sehat Sukses Bersama

Takut Target? Jangan Kaget!!!

Saya akan mulai dengan tertawa dulu "hahahahaha".. Oke lanjut Entah apa yang dipikirkan seseorang ketika mendengar TARGET. Seakan-akan target menjadi hal yang tidak bisa dicapai dan diluar nalar sehingga terasa menakutkan terutama kalau kita bicara tentang bisnis. Target itu digunakan untuk memacu kita tumbuh & berkembang. Dalam membuat target, perlu menggunakan prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely). Jadi, target itu dibuat karena anda rasa ANDA BISA MENCAPAINYA. Kalau target tidak SMART atau malah justru sudah TAKUT dulu dengan TARGET, ya JANGAN KAGET kalau hasilnya tidak sesuai. Dengan langkah yang berbeda, pasti hasil yang di dapat akan berbeda!!!

Inspira

Inspirasi sukses berbisnis Air Amanah